Sabtu, 29 Januari 2011

Profil Negara Singapura

Bendera dan Lambang Negara Singapura
Bendera SingapuraLambang Singapura        
                                                                                  

Bendera                            Lambang
Bendera Singapura terdiri dari warna merah yang bermakna persaudaraan dan kesamaan segala manusia. Putih melambangkan kesucian dan kebaikan. Bulan sabit melambangkan sebuah negara muda yang sedang maju. Kelima bintang melambangkan lima prinsip yang dipegang oleh Singapura: demokrasi, keamanan, kemajuan, keadilan dan kesaksamaan.


Lambang negara ini terdiri dari sebuah perisai merah di tengah yang mengandungi bulan sabit dan lima butir bintang. Warna merah melambangkan persaudaraan dan persamaan derajat manusia. Putih melambangkan kesucian dan kebaikan. Bulan sabit melambangkan sebuah negara muda yang sedang maju. Lima bintang melambangkan lima prinsip yang dipegang oleh Singapura: demokrasi, perdamaian, kemajuan, keadilan dan persamaan. Di sebelah kiri perisai terdapat seekor singa yang berdiri, yang melambangkan Singapura dan di sebelah kanan seekor harimau, melambangkan Malaysia yang memiliki kaitan sejarah dengan Singapura. Di bawah perisai terdapat kata, "Majulah Singapura", motto Singapura.

Menurut undang-undang, lambang ini dilarang digunakan untuk tujuan komersial. Hanya badan pemerintahan yang berhak memamerkan lambang tersebut di pekarangan bangunan mereka.
Motto :  Majulah Singapura
Lagu kebangsaan : "Majulah Singapura"
Nama resmi : Republik Singapura
Ibukota : Singapura
Mata uang : Dollar Singapura.
Bahasa : Inggris, Mandarin, Melayu, Tamil (bahasa resmi) dan Melayu (bahasa nasional)
Sensus 2010 : 5.076.700  
Kepadatan 7.022km2 
Kemerdekaan : Tahun 1959 (dari kekuasaan Inggris)        
Luas Wilayah : kurang lebih 697km2
Dipimpin oleh : Perdana Menteri
Religion in Singapore
Religion
Percent
42.5%
14.9%
Tiada
14.8%
14.6%
8.5%
4%
Lain-lain
0.6%

Presiden-presiden Singapura

§                     1965-1970: Yusof Ishak (1910-1970)
§                     1970-1981: Benjamin Sheares (1907-1981)
§                     1981-1985: C. V. Devan Nair (1923-2005)
§                     1985-1993: Wee Kim Wee (1915-2005)
§                     1993-1999: Ong Teng Cheong (1936-2002)
§                     Dari 1999: S. R. Nathan (lahir 1924)

 

Senarai Perdana Menteri Singapura

Nama
Mulai bertugas
Selesai bertugas
Parti
Sekarang

Iklim :
Singapura mengalami iklim iklim hutan hujan tropika tanpa peralihan musim yang ketara, suhu dan tekanan yang setara, kelembapan tinggi, dan curahan hujan yang lebat. Suhunya adalah di antara 22 hingga 34 °C (71.6 to 93.2 °F). Purata kelembapan relatifnya sekitar 90% pada waktu pagi dan 60% pada waktu petang. Ketika hujan lebat berpanjangan, kelembapan relatif sering mencapai 100%. Suhu terendah dan tertinggi yang tercatat sepanjang sejarah maritim adalah 19.4 °C (66.9 °F) dan 35.8 °C (96.4 °F). Bulan Mei dan Jun paling panas sekali, manakala November dan Disember membentuk musimmonsun tengkujuh. Dari bulan Ogos hingga Oktober, Singapura kerap mengalami jerebukesan kebakaran hutan di negara jiran Indonesia, adakalanya cukup teruk untuk mengancam amaran kesihatan awam. Jangka waktu siang di Singapura lebih kurang sekata sepanjang tahun kerana kedudukan negara yang dekat dengan Khatulistiwa.
Gunungan Tertinggi : Serapung 164m
Bukit Tertingi : Bukit Timah 85m
Sungai Terpanjang : Sungai Kallang, mengalir dari waduk pirecek pantai  di                                         Nicall Highway
Secara astronomis : Singapura terletak di antara 1°15’LU – 1°30’LU dan 103°38’BT – 104°BT.
Negara ini memiliki batas perairan Selat Johor di sebelah Utara dan Barat, serta Selat Singapura di sebelah Timur dan Selatan.
Sejarah

Sejarah Melayu, nama Singapura diberikan oleh Sang Nila Utama, yaitu pangeran Melayu dari Palembang pada awal abad ke 14. Ketika Sang Nila Utama berlayarayar di laut, terjadi badai dan angin kencang yang mengakibatkan perahunya terdampar di sebuah pulau. Saat di pulau, Sang Nila Utama melihat seekor binatang yang menyerupai singa. Oleh karena itu, pulau tersebut dinamakan Singapura (berarti “kota singa”).
Sejarah  singapura bermula pada abad ke-14 Masehi. Pada masa itu, Singapura dikenal sebagai  Temasek, salah satu pelabuhan dan kota terpenting di rantau Nusantara, la bcmte di bawah pemerintahan kerajaan Sriwijaya yang pada masa itu sedang mengalami kemunduran.

setelah hilangnya kekuasaan Sriwijaya terhadap Tumasik, ia dituntut oleh kerajaan Majapahit dan kerajaan Ayutthaya (Siam). Namun kubu pertahanan kota tersebut berhasil menghalangi serangan Siam. Pada waktu itu juga, nama Tumasik berubah menadi singha Pura, atau "Kota Singa" dalam bahasa Sansekerta.

mggrs tiba di Singapura pada tahun 1819 dan Sir Thomas Stamford Raffles menetapkannya sebagai sebuah pusat perdagangan. Dari abad 19 hingga 20, Singapura merupakan jajahan Inggris dan menjadi salah satu anggota Negeri-Negeri Selat {Straits Settelements) bersama Pulau Penang dan Melaka.
Singapura berada di bawah penjajahan Jppang pada tahun 1942 sampai dengan 1945 yaitu pada saat Inggris kalah perang pada Perang Dunia II. Singapura dikembalikan kepada kerajaan Inggris pada akhir Perang Dunia. Pada tahun 1959 diberi hak oleh inggris untuk memerintah sendiri. Pada September 1963, Singapura berbentuk kesatuan dengan Persekutuan Malaysia, tetapi persekutuan itu terpecah dan Singapura dikeluarkan pada 7 Agustus 1965. Penyebabnya, konflik antara UMNO (partai berkuasa di Malaysia) dan Partai Aksi Rakyat Singapura (PAP) pimpinan Lee Kuan Yew. Pada tanggal 9 Agustus 1965, Singapura merdeka dan berdiri sebagai negara republik. Malaysa menjadi negara pertama yang mengakui Singapura sebagai negara merdeka.

Singapura membangun dengan pesat dan menjadi sebuah negara yang sukses dari segi ekonomi la mempunyai perhubungan dagang yang kuat, sebuah pelabuhan yang sibuk, dan PDB per kapita yang setara dengan negara-negara Eropa Barat.

Pada tahun 1990, Goh Chok Tong menggantikan Lee Kuan Yew sebagai perdana menteri  Singapura. la berhasil mencegah segala krisis moneter yang melanda Asia pada tahun 1997. Ia juga berhasil menangani gejala penyakit SARS dan ancaman teroris yang didalangi jamaah islamiyah. Setelah itu Lee Hisen Loong mengantikan Goh Chok Tong.

Ekspor dan Impor

 Eksport-eksport utama Singapura ialah keluaran petroleum,makanan dan minuman, bahan kimia, tekstil dan pakaian, komponen elektronik, alat telekomunikasi, serta pelengkapan kenderaan.

Import-import untama Singapura ialah kapal terbang, minyak mentah dan keluaran petroleum, komponen elektronik, penerima serta alat radio dantelevisyen, kereta, bahan kimia, makanan dan minuman, besi dan keluli, serta yan dan fabrik tekstil.
 
Geografi
Singapura terdiri atas pulau utama (Pulau Singapura) dan sekitar 50 pulau kecil yang mengelilinginya. Negara ini beriklim tropis dan mempunyai dua musim, yaitu musim hujan yang sejuk (November- Maret) dan musim kering yang panas (April – September). Sementara itu, pada bulan September – November dan bulan Maret – April mengalami musim pancaroba.
Pembangunan di Singapura dilakukan dengan pesat, sehingga menjadi sebuah negara yang sukses dari segi ekonomi. Dengan pendapatan perkapita yang setara dengan negara-negara Eropa Barat. Bahkan mata uangnya termasuk dalam jajaran lima mata uang terkuat dunia (Poundsterling, US Dollar, Yen, Euro, dan Dollar Singapura).
Singapura merupakan salah satu negara terpadat di dunia. Sekitar 85% dari rakyatnya tinggal di rumah susun yang disediakan oleh Dewan Pengembangan Perumahan.

Seni

Sejak 1990-an, pemerintah telah berusaha mempromosikan Singapura sebagai pusat seni dan budaya, khususnya seni drama, dan mengubah negara ini menjadi 'gerbang antara Timur dan Barat' yang kosmopolitan. Puncak dari usaha pemerintah ini adalah pembangunan Esplanade, sebuah pusat seni drama kelas atas yang dibuka pada 12 Oktober 2002. Selain itu, Singapore Arts Festival merupakan kegiatan tahunan yang diadakan National Arts Council. Drama komedi jalanan juga meningkat jumlahnya, termasuk acara mikrofon terbuka yang diadakan setiap minggu. Singapura mengadakan Genee International Ballet Competition 2009, sebuah kompetisi balet klasik bergengsi yang diadakan oleh Royal Academy of Dance, sebuah dewan juri tari internasional yang berpusat di London, Britania Raya.

Masakan

Masakan Singapura biasanya terdiri daripada sate, nasi lemak, ketam cili dan nasi ayam Hainan.

Flora dan Fauna
Babut (bahasa Inggeris: Giant Tufted Ground Squirrel) ialah salah satu daripada tupai
Pendidikan

Singapura  merupakan salah satu Negara yang palin tinggi angka bebas buta aksaranya di Asia, kira-kira 83% dari jmlah penduduk berumur 15 tahun ke atas dapat membaca dan menulis. Pendidikan tingkat dasar tidak dikenakan biaya, sedang untuk pendidikan selanjutnya biaya tidak dipungut dari mereka yang tidak mampu. Singapura memiliki sekitar 236 sekolah dasar, 157 sekolah lanjutan, dan 55 perguruan tinggi. Pemerintah menganjurkan  penggunaan dua bahasa disekolah-sekolah, yakni bahasa Inggris dan salah satu dari tiga bahasa utama lainnya.

Politik

Konstitusi  Singapura berdasarkan sistem Westminster karana Singapura merupakan  bekas jajahan Inggris. Posisi presiden adalah simbolis dan kekuasaan pemerintahan berada di tangan perdana menteri yang merupakan ketua partai politik yang memiliki kedudukan  mayoritas di parlemen.
Politik dikuasai oleh Partai Aksi Rakyat (PAP) yang telah memerintah sejak Singapura  merdeka. Pemerintah PAP sering dikatakan memperkenalkan undang-undang yang tidak memberi kesempatan tumbuhnya partai-partai oposisi yang Cara pemerintahan PAP dikatakan lebih cenderung kepada otoriter daripada demokrasi yang sebenarnya. Namun, cara pemerintahan tersebut berhasil menjadikan Singapura  sebuah negara yang maju, bebas daripada korupsi dan memiliki pasar ekonomi  yang terbuka. Para ahli politik menganggap Singapura sebuah negara yang beridiologi 'Demokrasi Sosialis’.

Trnsportasi

Dalam Negeri

Singapura  memiliki 2 jaringan kereta api, Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rapid Transit. MRT memiliki 3 jalur yaitu :

Jalur Utara-Selatan, atau sering disebut Jalur Merah, berujung di Marina Bay menuju ke daerah Woodlands kemudian kembali ke selatan menuju Jurong East. Jalur Timur-Barat atau sering disebut dengan Jalur Hijau. Jalur ini memiliki 2 stasiun ujung di timur, Pasir Ris dan Changi Airport. Ujung baratnya adalah Joo Koon.
jalur  
Utara-Timur atau Jalur Ungu. Jalur ini melayani penumpang dari KarbourFront sampai Punggol.
Jalur Lingkaran, atau sering dikenal juga dengan Jalur Kuning juga sedang dipersiapkan untuk dibuka secara bertahap sampai 2010. Berdasarkan perencanaan, Jalur Lingkaran MRT akan dimulai dari Dhoby Ghaut menuju ke Paya Lebar lalu berputar ke Serangoon dan Bishan. Perputaran ini akan melewati Buona Vista dan akan berakhir di HarbourFront.
Selain kereta api, Singapura juga memiliki jaringan jalan bebas hambatan, bus, dan taksi.

Dari dan ke

Singapura  terhubung dengan Johor Bahru di Malaysia dengan 2 buah causeway.
Untuk transportasi udara, Singapura dilayani oleh Singapore Changi Airport yang merupakan salah satu bandara terbaik di dunia. Saat ini, Changi dilayani oleh sekitar 60-70 maskapai  penerbangan dan diperkirakan akan bertambah saat terminal ketiga dibuka.
a. Potensi Alam
1) Memiliki banyak pulau yang mengelilingi pulau utama.
2) Banyak memiliki waduk yang dapat dimanfaatkan sebagai irigasi dan sumber energi.
3) Memiliki letak strategis, terutama di jalur pelayaran.
4) Keadaan di daratan utama relatif rata atau datar, sehingga pembangunan fisik dapat dilaksanakan ke segala arah tanpa adanya rintangan alam yang berarti.
b . Potensi Sosial Budaya
Singapura merupakan negara dengan jumlah penduduk terpadat di kawasan Asia Tenggara yang terdiri atas multietnis (Melayu, Cina, India, dan Eropa). Tata kehidupan masyarakatnya merupakan perpaduan antara budaya Timur dan budaya Barat.
Kondisi ekonomi yang sangat maju menjadikan negara ini mampu memberikan standar upah buruh tertinggi di Asia Tenggara.
c . Industri
Singapura merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang diakui sebagai anggota NIC’s (New Industrial Countries).
Pengelolaan industri sudah mengarah pada pengolahan bahan produksi dengan sistem mekanisasi dan komputerisasi, sehingga sifat industrinya padat modal.
d . Perdagangan dan Jasa
Letak Singapura yang sangat strategis membuat sektor perdagangan dan jasa berkembang sangat cepat, bahkan terbesar di Asia Tenggara. Singapura menyediakan berbagai fasilitas penerbangan dan pelabuhan laut dengan lengkap, sehingga menjadikannya sebagai tempat singgah sementara (transit) kapal-kapal atau pesawat dari berbagai maskapai yang hendak melanjutkan perjalanannya.
Kondisi politik dan keamanan yang stabil menjadikan Singapura sebagai tujuan investasi, khususnya bagi negara-negara Barat yang hendak memperluas pasarnya di kawasan Asia.
e. Potensi Pariwisata
Singapura dapat dikatakan tidak memiliki panorama alam yang cukup indah atau peninggalan-peninggalan sejarah yang dapat digunakan sebagai objek wisata. Akan tetapi, wisata yang ditawarkan oleh Singapura adalah wisata belanja. Singapura ibarat etalase bagi perdagangan dunia, karena menyediakan berbagai produk hasil industri dari berbagai negara dengan kualitas yang baik dan dengan harga yang relatif lebih murah bila dibandingkan dengan produk-produk dari negara-negara Barat.
Pada tahun 1990 luas negara Singapura adalah 580KM2, tapi peta pada tahun 2010 menjadi 760 KM2 , artinya bertambah 31% dibanding tahun 1990.



3 komentar:

  1. makasih buat informasinya...
    ini sangat membantuku :)

    BalasHapus
  2. thanks :) bantu banget, follow blogku ya :) http://khansurkhansa.blogspot.com

    BalasHapus